Sistem
komunikasi massa, bagaimana khalayak media massa, bagaimana interaksi antara
individu dengan media dan bagaimana media dapat mempengaruhi individu
1. PENGERTIAN KOMUNIKASI MASSA
Terdapat beberapa definisi mengenai
komunikasi massa yang disampaikan oleh beberapa ahli diantaranya:
· Menurut
Bittner (1980:10)
“Komunikasi massa adalah pesan yang
dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah besar orang.”
· Menurut
Garbner (1967)
“Komunikasi massa adalah produksi
dan distribusi yang berlandaskan teknologi dan lembaga dari arus pesan yang
kontinyu serta paing luas dimiliki orang dalam masyarakat industry.”
· Ruben
(1992)
“Komunikasi massa adalah proses di mana informasi
diciptakan dan disebarkan oleh organisasi untuk dikonsumsi oleh khalayak.”
Dari definisi-definisi diatas dapat
diambil suatu rangkuman definisi bahwa komunikasi massa diartikan sebagai jenis
komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah khalayak yang tersebar, heterogen, dan
anonim melalui media cetak atau media elektronik sehingga pesan yang sama dapat
disampaikan secara serempak dan sesaat. Atau dengan kata lain, komunikasi massa
adalah proses penyampaian pesan yang berlangsung dimana pesannya dikirim dari
sumber yang melembaga kepada klayak yang sifatnya missal melalui alat-alat yang
bersifat mekanis.
Karena perbedaan teknis, maka sistem
komunikasi massa juga mempunyai karakteristik psikologi yang khas dibandingkan
dengan sistem komunikasi interpersonal. Hal ini tampak pada :
a. Pengendalian arus informasi
Mengendalikan arus informasi berarti
mengatur jalannya pembicaraan yang disampaikan dan yang diterima. Pada
komunikasi massa, seorang komunikator mengendalikan arus informasi sehingga
menunjang persuasi yang efektif. Komunikator sulit untu menyesuaikan pesannya
dengan reaksi komunikan.
b. Umpan balik
Umpan balik adalah pesan yang dikirim kembali dari
penerima ke sumber, memberitahu sumber tentang reaksi penerima, dan memberikan
landasan pada sumber untuk memberikan reaksi selanjutnya. Dalam komunikasi
massa umpan balik (feedback) m
c. Stimulasi alat indra
Dalam komunikasi massa, stimuli alat indra bergantung
pada media massa yang digunakan.
d. Proporsi unsur isi dengan hubungan
Dalam komunikasi massa lebih menekankan isi pesan
dibandingkan dengan hubungan yang terjadi pada saat proses berkomunikasi
berlangsung. Dengan kata lain dalam komunikasi massa lebih menekankan apa yang
menjadi isi pesan dibandingkan dengan bagaimana penyampaian pesan tersebut
berlangsung.
2. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI REAKSI KHALAYAK
PADA KOMUNIKASI MASSA
A. Teori DeFleur dan Ball-Rokeach tentang Pertemuan dengan Media
Menurut DeFleur
dan Ball-Rokeach faktor-faktor yang mempengaruhi reaksi orang terhadap media
massa meliputi:
1) Organisasi
personal-psikologis individu seperti potensi biologis, sikap, nilai,
kepercayaan, serta bidang pengalaman yang berbeda pada setiap individunya.
Perbedaan ini dapat menyebabkan pengaruh media massa yang berbeda pula.
2) Kelompok-kelompok
social dimana individu menjadi anggota yang mempunyai reaksi pada stimuli
tertentu cenderung sama. Setiap anggota dalam suatu kelompok cenderung memilih
kisi komunikasi yang sama dan akan member respon kepadanya dengan cara yang
hamper sama pula.
3) Hubungan-hubungan
interpersonal pada proses penerimaan, pengelolaan, dan penyampaian informasi.
3. Bagaimana media
dapat mempengaruhi individu
media adalah alat yang paling mempengaruhi dunia. Mengapa demikian,
karena media adalah alat bantu untuk setiap manusia yang mencari informasi
dunia luar. Media juga bisa mempengaruhi individu, itu disebabkan informasi
yank lengkap dan bisa dipercaya oleh individu itu sendiri. Infprmasi yang
didapatkan oleh seseorang juga sangat tergantung oleh media. Seseorang juga
bisa menjalankan bisnis atau politik lewat media yang ada saat ini apalagi
media saat ini sangat banyak dan mempermudah untuk setiap individu. Mari kita
gunakan media yang ada dengan cara-cara yang baik dan juga bermanfaat tidak
hanya oleh satu individu tetapi banyak individu lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar